Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab Rendahnya Hasilbelajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 23s.d 25 januari 2016. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa SMANegeri 1 Mawasangka yang rendah hasil belajar geografi, dalam hal ini nilai ulangantengah semester lebih kecil ( <6,6) pada semester satu (1) tahun pelajaran 2015/2016.Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa dari50 orang siswa yang rendah hasil belajar pada mata pelajaran geografi, sebanyak 41orang siswa (82%) disebabkan kurangnya ketersediaan buku cetak, sebanyak 28 orangsiswa (56%) disebabkan kurangnya minat belajar siswa, sebanyak 14 orang siswa (28%)disebabkan kurangnya pendidikan orang tua, sebanyak 19 orang siswa (38%) disebabkankurangnya penghasilan orang tua, sebanyak 10 orang siswa (20%) dipengaruhi olehlingkungan sekolah, sebanyak 12 orang siswa (24%) dipengaruhi oleh metode mengajarguru, sebanyak 30 orang siswa (60%) dipengaruhi oleh suasana rumah dan sebanyak 3orang siswa (8%) dipengaruhi cacat tubuh. Kesimpulan bahwa yang palingmempengaruhi hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Mawasangka pada Mata PelajaranGeografi adalah faktor internal dan eksternal.Kata kunci : Rendahnya Hasil Belajar, Pelajaran Geografi.
Copyrights © 2016