JOURNAL SPORT AREA
Vol 3 No 1 (2018): Juni

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jenis Kelainan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Kuliah Penjas Adaptif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI)

Indrawan, Budi (Unknown)
Priana, Ari (Unknown)
Rubiana, Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah penjas adaptif dalam materi pengenalan berbagai macam jenis kelainan anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research) atau penelitian tindakan kelas yang penelitian ini dilakukan pada saat perkuliahan berlangsung.  Hasil penelitian menunjukan pada siklus satu ketuntasan belajar mahasiswa masih berada pada 65% yaitu terdapat 26 orang yang sudah menunjukan ketuntasan belajarnya. Siklus II sudah menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu sudah sampai 90% (36 orang ) yang sudah tuntas belajara atau dikatakan lulus. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah penjas adaptif pada mahasiswa kelas E Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi tahun 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan hasil peningkatan belajar yang sudah mencapai kriteria ketuntassan minimal adalah sebanyak 36 orang atau sebesar 90% artinya sudah melebih 75% dari kriteria ketuntassan (kelulusan ) minimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Other

Description

Sport Area publishes research journals and critical analysis studies in the areas of Sport Education, Sports Coaching and Sports Science. The theme of the paper covers: Learning Physical Education and Sport, Sport Pedagogy, Sports Sociology, Sport Psychology, Sports Coaching, Sports Science, Sports ...