Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: June 2018

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik

Aenullael Mukarromah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar setelah mendapatkan perlakuan  dengan penerapan model discovery learning berdasarkan pada pelaksanaan pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di gugus IV Kecamatan Nara yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV di SDN 1 Mara yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal uraian dengan jumlah 10 butir soal yang keseluruhannya mencakup 5 kategori kemampuan berpikir kritis menurut Nitko dan Brookhart yaitu (1) elementary clarification, (2) basic support of  argument, (3) inferences, (4) advanced clarification, and (5) strategies and tactics. Dari hasil analisis test kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mendapatkan perlakuan dengan model discovery learning sebesar 24% dengan kategori sangat tinggi, dan 62% kategori tinggi serta 14 % dengan kategori sedang, dengan rata-rata nilai 69,40. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan siswa kelas IV SDN 1 Mara pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...