Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 5, No 1 (2018): Juni

KESESUAIAN ANTARA PENILAIAN BELAJAR OLEH GURU PRODUKTIF DENGAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Fatah, Pipit A (Unknown)
Kusumah, Inu H (Unknown)
Komaro, Mumu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara penilaian belajar oleh guru produktif SMK dengan Standar Penilaian Pendidikan pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMKN 6 Bandung. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada responden yaitu para siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 6 Bandung, serta dengan meninjau dokumen-dokumen pendukung penilaian belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dengan hasil kesesuaian 87,1% pada tahap persiapan penilaian belajar, 77% pada tahap pelaksanaan penilaian belajar, 43,22% pada tahap tindak lanjut penilaian belajar, serta 83,3% pada tahap pelaporan penilaian belajar. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penilaian belajar di SMKN 6 Bandung khususnya pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif, lebih dari setengahnya telah sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...