Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen
Vol 4, No 2 (2017)

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)

Mujiono Mujiono (SMP Negeri 4 Kota Banjar)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini menganalisis akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS di SMP Negeri 4 Banjar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obsevasi dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai beberapa narasumber diantaranya : Kepala Sekolah dan Bendahara BOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS sudah berjalan cukup baik, yaitu adanya kesesuain aturan dan petunjuk teknis penggunaan dan pelaksanaan dana BOS dengan realisasinya, serta pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOS kepada sekolah, Dinas Pendidikan Kota Banjar dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Fakta ini menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan proses pengelolaan dana BOS sesuai dengan aturan pemerintah atau petunjuk teknis dalam pengelolaanya sehingga tercipta akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah di SMP Negeri 4 Banjar. Ada saling keterkaitan antara transparansi dan akuntabilitas. Transparansi dapat mendorong peningkatan akuntabilitas Pengelolaan dana BOS. Sedangkan akuntabilitas public akan sulit terlaksana tanpa adanya transparansi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ekonologi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen (JEIM) is a Scientific publication in the field of management science accommodating for writers and students sharing scientific experience both theoretically and practically. Journal of Econology was published by Management Studies Program of Economics Faculty of ...