cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23556099     EISSN : 26206188     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
The Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen (JEIM) is a Scientific publication in the field of management science accommodating for writers and students sharing scientific experience both theoretically and practically. Journal of Econology was published by Management Studies Program of Economics Faculty of Universitas Galuh. Review Issues are published biannually in April and October. These issues include widely read and widely cited collections of articles in the field of management and have become a major resource for management scholars. The Review Issues cover a broad range of topics from a wide range of academic disciplines, methodologies, and theoretical paradigms. The review issue call for article is posted in January to published April and posted in May to published in October. our journals have been listed in ISSN Print: 2355-6099 and Online ISSN: 2620-6188.
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
ANALISIS PENERAPAN PLAN LAYOUT DAN MATERIAL HANDLING DALAM PENINGKATAN PROSES PRODUKSI Muhammad Indra Wibisana
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v2i1.1128

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Analisis Penerapan Plan Layout dan Material Handling dalam Peningkatan Proses Produksi pada PT Primayasa Adiguna Kota Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa penerapan Plan Layout dan Material Handling mendukung dalam peningkatan Proses Produksi PT Primayasa Adiguna Kota Banjar, itu terlihat dari efektivitasnya Proses Produksi perusahaan tersebut. Diharapkan PT Primayasa Adiguna Kota Banjar dapat mempertahankan keadaan tersebut dan lebih meningkat lagi proses produksinya.
ANALISIS FAKTOR 3R DAN 5C DALAM PEMBERIAN KPR Fahmi Dini Kustini
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v4i2.1156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor 3R (Return, Repayment, Risk Bearing Ability) dan 5C (Character, Capital, Capacity, Condition of Economy dan Collateral) dalam pemberian kredit kepada nasabah pada suatu studi di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Tasikmalaya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis sebelum dan analisis data di lapangan. Hasil penelitian ini adalah ; 1). Pada analisis faktor 3R (Return, Repayment, Risk Bearing Ability) pada umumnya telah digunakan oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Tasikmalaya dalam penyaluran kreditnya. Hal tersebut dapat terlihat dari Return yang tidak hanya dapat diraih dari salah satu pihak saja, melainkan dari kedua belah pihak yaitu debitur dan kreditur; 2) Untuk analisis pada faktor 5C (Character, Capital, Capacity, Condition of Economy dan Collateral) sendiri yang telah baik digunakan dalam menganalisis kelayakan calon debitur untuk mendapatkan kredit, yaitu dengan menganalisis Character, Capital, Capcity, Collateral. Condition of Economy belum sepenuhnya digunakan; 3) Faktor 3R (Return, Repayment, Risk Bearing Ability) dan 5C (Character, Capital, Capacity, Condition of Economy dan Collateral) dalam menganalis kelayakan pemberian kredit bagi calon debitur sudah cukup baik diterapkan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN RENUMERASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI (Studi pada KODIM 0613 Ciamis) Nurdiana Mulyatini; Nanang Mulyana
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Pengaruh Kompensasi terhadap motivasi kerja pegawai pada KODIM 0613 Ciamis, 2.Pengaruh renumerasi terhadap motivasi kerja pegawai pada KODIM 0613 Ciamis, 3.Pengaruh kompensasi dan renumerasi terhadap motivasi kerja pegawai pada KODIM 0613 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu membuat deskripsi atau gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta atau sifat dari objek yang diteliti. Berdasarkan hipotesis yang dikemukakan bahwa kompensasi dan renumerasi berpengaruh positif atau signifikan terhadap motivasi kerja. Adapun pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja sebesar 75,69% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti, sedangkan pengaruh renumerasi terhadap motivasi kerja sebesar 53,29% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti, kemudian pengaruh kompensasi dan renumerasi terhadap motivasi kerja sebesar 75,69% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
PENGARUH UTILITARIAN VALUE DAN HEDONIC VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA Sholehah Nurmala
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v3i2.1147

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Utilitarian Value Dan Hedonic Value Terhadap Kepuasan Konsumen di Toserba Pajajaran Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh antara utilitarian value terhadap kepuasan konsumen di Toserba Pajajaran Ciamis, dibuktikan dengan nilai thitung = 7,1 dan ttabel = 1,9883 maka dapat diketahui thitung> ttabel, itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya. 2) Terdapat pengaruh antara hedonic value terhadap kepuasan konsumen dibuktikan dengan nilai thitung = 4,5 dan ttabel = 1,9883 maka dapat diketahui thitung> ttabel, itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya. 3) Utilitarian value dan hedonic value berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hasil uji hipotesis diketahui bahwa korelasi dapat dikatakan signifikan apabila Fhitung> Ftabel hasil perhitungan di atas diperoleh bobot Fhitung = 26,5 sedangkan bobot Ftabel pada α 0,05 dan dk= 97-2-1= 94 diperoleh Ftabel = 3,09. Jadi nilai thitung > dari nilai Ftabel.
PENGARUH BIAYA PENGEMBANGAN PRODUK DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN Ujang Pendi
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 2, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v2i2.1138

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengaruh pengembangan produk dan biaya pemasaran terhadap volume penjualan pada PD. Tedi Jaya Banjarsari Ciamis. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data yang berupa informasi yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, didapatkan beberapa simpulan, diantaranya sebagai berikut: 1) Biaya pengembangan produk yang cukup tinggi yang dikeluarkan oleh PD. Tedi Jaya Banjarsari Ciamis ternyata mampu mengembangkan produk perusahaan menjadi lebih optimal. 2) Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PD. Tedi Jaya Banjarsari Ciamis sudah cukup baik, hal itu ditunjang dengan biaya pemasaran yang cukup besar. 3) Berdasarkan hasil penelitian, biaya pengembangan produk dan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh PD. Tedi Jaya Banjarsari Ciamis terbukti mampu meningkatkan volume penjualan.
KNOWLEDGE TRANSFER DALAM KONTEKS SPATIAL CREATIVE ECONOMY UNTUK MENGURANGI KEMISKINAN PERDESAAN DI KABUPATEN CIAMIS Elin Herlina; Deden Syarifudin; Nurdiana Mulyatini
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v5i1.1357

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk menghasilkan model knowledge transfer dalam pemetaan terhadap ruang-ruang creative economy sehingga terjadi peningkatan pengetahuan, terbukanya tindakan kreatif yang terpetakan berdasarkan ruang kreatif, pusat kreatif di Kabupaten Ciamis.Pengelolaan UMKM dan kewirausahaan baru yang dilakukan oleh pemerintah UMKM dan kewirausahaan baru ini pada umumnya bergerak dalam creative economy yang sangat rentan terhadap perubahan pasar dan kebijakan pemerintah. Creative economy pada saat ini dipandang sebagai bisnis yang menghasilkan perkembangan daerah terutama berguna untuk meningkatkan parawisata dan pelestarian kebudayaan (heritage). Adanya ruang-ruang spatial menjadi penting dalam meningkatkan dan mendorong usaha baru kreatif dalam skala perdesaan. Ruang spatial creative economy dapat membantu memberikan penekanan terhadap perubahan besar dari peta mental masyarakatnya menjadi lebih kreatif dalam melakukan wirausaha dapat dipetakan selain CI pada level masyarakat diadaptasikan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara eksplorasi dokumen, wawancara, dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan sebagai berikut: [1] Identifikasi dataknowledge transferdan spatial creative economy yang termasuk proses. [2] Identifikasi knowledge transferdan spatial creative economy dari data proses, [3] Petakan data knowledge transfer proses spatial creative economy; dan Pemodelan Analog knowledge transfer dalam Implementasi spatial creative economy.
ANALISIS PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCE SCORECARD Titi Wahyuni
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v4i1.1152

Abstract

Penelitian ini di fokuskan pada perencanaan dan implementasi pengukuran kinerja dengan menggunakan balance scorecard pada kantor BPBD Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, penelitian kepustakaan, dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa: 1) Perencanaan pengukuran kinerja yang ada di kantor BPBD Ciamis pada umumnya sudah sangat baik. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis dari berbagai faktor yang menunjukkan bahwa perencanaan pengukuran kinerja kantor BPBD Ciamis telah tercapai dengan baik ; 2) Implementasi pengukuran kinerja dengan menggunakan balance scorecard pada BPBD Ciamis dapat dikatakan sudah sangat baik. Dalam penerapan pengukuran kinerja, BPBD Ciamis selalu berpedoman pada rencana pencapaian tujuan organisasi ; 3) Perencanaan pengukuran kinerja berperan dalam implementasi pengukuran kinerja. Perencanaan pengukuran kinerja merupakan patokan bagi organisasi dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang dihadapi oleh organisasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
PENGARUH PERIKLANAN DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN TINGKAT OKUPANSI HOTEL Verayanti Verayanti
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v3i1.1143

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Periklanan dan Kebijakan Harga terhadap Peningkatan Tingkat Okupansi Suatu Studi pada Malalabar Hotel Pangandaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulannya sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh antara periklanan terhadap tingkat okupansi pada Malabar Hotel Pangandaran, dibuktikan dengan nilai thitung = 3,171 dan ttabel = 1,661 maka dapat diketahui thitung > ttabel itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau diuji kebenarannya. (2) Terdapat pengaruh antara kebijakan harga terhadap tingkat okupansi dibuktikan dengan nilai thitung = 2,667 dan ttabel 1,661 maka dapat diketahui thitung > ttabel itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya. (3) Terdapat pengaruh antara periklanan dan kebijakan harga terhadap tingkat okupansi, hasil uji hipotesis diketahui bahwa korelasi dapat dikatakan signifikan apabila Fhitung > Ftabel hasil perhitungan yang diperoleh bobot Fhitung = 21,16 sedangkan bobot Ftabel pada α 0,05 dan dk = 94-2-1 = 91 diperoleh Ftabel 3,10. Jadi nilai Fhitung> Ftabel dengan demikian berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya.
PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PHONE CELL ANDROID Resi Raesita
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v2i1.1129

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Promotion Word Of Mouthdan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Pemakaian Android Samsung di Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan korelasional dengan teknik survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi, UjiParsial (Uji t), UjiSignifikansi (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Promotion Word Of Mouthberpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan besarnya pengaruh (r) = 0,624 yang berarti Promotion Word Of Mouth mempunyai korelasi yang tinggi terhadap Keputusan Pembelian, (KD) = 38,94%, sedangkan sisanya 61,06% dipengaruhi oleh faktor lain, dan uji signifikansi (uji t) sebesar thitung (7,530) > ttabel (1,671). Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan besarnya pengaruh (r) = 0,647, (KD) = 41,86%, sedangkan sisanya 58,14% dipengaruhi oleh faktor lain, uji signifikansi (uji t) sebesar thitung(7,964) > ttabel (1,671). Promotion Word Of Mouth dan Citra Merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi linier berganda sebesar Y= 14,64 – 0,110 X1 + 0,513 X2 dan uji signifikansi (uji F) Fhitung sebesar (201,78) > Ftabel sebesar (3,10).
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI Fitriah Febriyani
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2827/jeim.v4i2.1158

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penerapan strategi pemasaran yaitu posisi persaingan perusahaan dan situasi ekonomi. Selain itu, pengembangan produk belum semuanya diproses dengan bantuan mesin sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dalam memproduksinya. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisis.Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah konsumen yang ada di PD. Rasa Asli yaitu sebanya 3.106 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Tahapan analisa data dimulai dengan uji validitas, reabilitas, tranformasi nilai interval, dan analisa data secara verivikatif/kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Strategi pemasaran memiliki hubungan dengan minat beli pada PD. Rasa Asli Ciamis dengan hasil uji korelasi sebesar 0,789 yang memiliki tingkat hubungan kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 62,19%; 2) Pengembangan produk memiliki hubungan dengan minat beli konsumen dengan hasil uji korelasi sebesar 0,778 yang memiliki tingkat hubungan kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 60,60%; 3) Strategi pemasaran dan pengembangan produk memiliki hubungan dengan minat beli konsumen di PD. Rasa Asli Ciamis dengan hasil uji korelasi sebesar 0,914 yang memiliki tingkat hubungan sangat kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 83,54%.