Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies
Vol 11, No 2 (2017): Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies (Terakreditasi Sinta 2)

Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia

Aep Kusnawan (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Arif Rahman (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Dede Lukman (Unknown)
Encep Dulwahab (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Hajj guidance group (KBIH) in Indonesia, still limited to quantity and have been not yet met the quality. One indication of the lack of quality of the KBIH is the quality management of inputs, namely the applied inputs and inputs of expectation. With good input and good, it can produce an out put that as expected. This study aims to determine the quality management of pilgrimage inputs by KBIH in Indonesia, represented by three regions, West Java, DKI Jakarta and South Sumatra. The method used in this research is case study with qualitative approach. This study shows that quality management for one dimension of input, especially in KBIH has not met the quality management standard. Implementation and embodiment is still limited to ideas, wishful thinking, and not conceptualized well. The results of this study have an impact on how the quality management of KBIH input in Indonesia should be implemented, so that with good input in KBIH, KBIH can improve the quality of Hajj in Indonesia. Input is a starting point in a quality assurance process, not to be ignored, underestimated, and considered not one of the important parts of quality management of its existence.Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang banyak berdiri di Indonesia, masih sebatas kuantitas belum memenuhi kualitas. Salah satu indikasi melihat kurangnya kualitas KBIH ialah pada manajemen mutu input, yaitu input terapan maupun input harapan. Dengan input yang baik dan bagus, maka bisa menghasilkan out put yang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu input penyelenggaraan haji oleh KBIH di Indonesia, yang diwakili tiga wilayah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memperlihatkan bahwa manajemen mutu untuk satu dimensi input, khususnya di KBIH belum memenuhi standar manajemen mutu. Pelaksanaan dan perwujudannya masih sebatas ide, angan-angan, dan belum terkonsep dengan baik. Hasil penelitian ini berdampak pada bagaimana manajemen mutu input KBIH di Indonesia seharusnya diimplementasikan, sehingga dengan input yang baik dalam KBIH, KBIH bisa meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia. Input merupakan starting point dalam sebuah proses jaminan mutu, jangan sampai diabaikan, disepelekan, dan dianggap bukan salah satu bagian manajemen mutu yang penting keberadaannya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

idajhs

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies is a journal that publishes current original researches on da'wah phenomenon and da'wah studies related to social and cultural context in Indonesia in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies. The focus study of Ilmu ...