PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 4, No 1 (2017): PROFIT

PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 10 PALEMBANG

Hamidah Hamidah (Unknown)
Yulia Djahir (Unknown)
Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Abstract: This study discusses the comparative influence learning models of learning Time Token with Think Talk Write to the social skills of students in learning social studies in junior high school N 10 Palembang. The formulation of the research problem, namely "Is there a difference influences learning models of learning Time Token with Think Talk Write to the social skills of students in social studies learning". This research is a comparative studywith a completely rendomized design method. The populastion in the study were all class VIII SMP Negeri 10 Palembang. Sampling using random cluster sampling, obtained VIII.11 class (experimen 1) and class VIII.12 (experiment 2) with the number 38 and 40 learners. Data collection technique used observation. The results of the analysis of social skills of observational data on the social skill aquired experiment-1 value of 97.4%, an experiment-2 obtained a value of 84.1%. The calculation results of hypothesis testing using t test obtained tcount?ttable = 10.75  ? 1.985. This means that there are differences in the influence of the model TimeToken with Think Talk Write to social skills The constraints study, students have the opportunity to speak is not used efficiently, the difficulty of arranging the learners in doing stage Think, but to convince the students to dare argue and set the time the second constraint can be controlledAbstrak: Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP N 10 Palembang. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS”.Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode completely rendomized design.Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, didapat kelas VIII.11 (eksperimen-1) dan kelas VIII.12 (eksperimen-2) dengan jumlah 38 dan 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data observasi keterampilan sosial eksperimen-1 diperoleh nilai 97,4%, eksperimen-2 diperoleh nilai 84,1%. Adapun hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t didapat thitung ? ttabel =10,75 ? 1,985. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh model TimeToken dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial Adapun kendala penelitian, peserta didik yang mendapat kesempatan berbicara tidak digunakan secara efisien, sulitnya mengatur peserta didik dalam melakukan tahap Think, tetapi dengan meyakinkan peserta didik untuk berani berpendapat dan mengatur waktu kedua kendala tersebut dapat dikendalikan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...