PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 2, No 1 (2015): PROFIT

PENGARUH MEDIA ADOBE ILLUSTRATOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA

Fifi Novitasari (Unknown)
Yulia Djahir (Unknown)
Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the Adobe Illustrator media on the  learning outcomes among the students in economic subjects at SMA Srijaya Negara Palembang. It concerns with a type of experiment called “Experimental”,  taking the form of “pre-Experimental Designs” along with  “One-group pretest-posttest”. The entire class X IIS population which consists  of 4 classes of totalling as many as 141 students. The sample of this reasearch  uses the Random Sampling so that it  obtains one class, namely; class X IIS 2 of  26 students as the experimental class treated by using the Adobe Illustrator media. The tecnique of data collection is obtained by using tests and observation. The data analysis technique used to test the hypothesis Product Moment of 0.9453, influencing on students’ learning outcomes, and test t calculated of 86.92 ttable ? 1.711. If tcounted ? ttable then Ho is rejected and Ha accepted. The test-results of hypotheses can be concluded that there is influence of  Adobe Illustrator media on learning outcomes of students in economics subjects at SMA of Srijaya Negara, Palembang.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Adobe Illustrator terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian eksperimental bentuk pre-Eksperimental Designs dengan One-Group Pretest-Postest. Populasinya seluruh kelas X IIS yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 141 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan  cluster rendom sampling, sehingga didapatkan 1 kelas yaitu kelas X IIS 2 sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan media Adobe Illustrator. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes  dan observasi. Teknik analisis data  yang digunakan untuk menguji hipotesis Product Moment sebesar 0,9453 berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dan uji thitung sebesar 86,92 ? ttabel 1,711. Apabila thitung ? ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pengujian terhadap hipotesis dapat disimpukan ada pengaruh media Adobe Illustrator terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...