Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
teks eksplanasi kompleks dan motivasi belajar siswa pada salah
satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Bandar
Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan
metode kooperatif tipe picture and picture. Tiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5
Bandar Lampung yang berjumlah 33 siswa. Sumber data dalam
penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan
teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang
saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan
motivasi dan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks pada
siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5 Bandar Lampung dari
pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal itu
ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) motivasi siswa
dari siklus I ke siklus II yang cukup signifikan; (2) rata-rata
nilai keterampilan menulis siswa, yaitu dari 50 pada pratindakan
menjadi 72,07 pada siklus I, dan 82,07 pada siklus II.
Kata kunci: metode kooperatif tipe picture and picture,
motivasi, keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017