Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui aplikasi permainanberbasis android untuk anak tunarungu kelas I yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuankosakata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasiluji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata pre-test 63,33 dan post-test 83,33. Berdasarkan hasil ujicoba, terdapat kenaikan nilai sebelum dan sesudah menggunakan media, maka media Aplikasi Permainantermasuk dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kosakata siswatunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu secara individual maupun klasikal.This study aims to produce instructional media through the application of the game based onandroid for children with hearing impairment on first class who deserve to be used to improve vocabularyskills. The research method used is research and development (R & D) method. The results of smallgroup trials obtained an average of pre-test 63.33 and post-test 83.33. Based on the results of the trial,there is an increase in value before and after using the media, the media Application Game included inthe criteria is very good and worthy to use as a media of vocabulary learning of students hearing of firstgrade SLB Eka Mandiri Batu City as individually and classical.
Copyrights © 2017