Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 2, No 1 (2016): July

Permainan Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa Tunagrahita

Wahyu Andriani (SLB Idayu II Malang)
Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam penguasaan kalimat terutama pengolahanperbendaharaan kata yang kurang berfungsi, karena itu mereka mengalami kesulitan dalam menyusunkalimat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh permainan scramble terhadap kemampuanmenyusun kalimat pada siswa tunagrahita. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental denganrancangan time series design. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menyusunkalimat pada siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan permainan scramble.Hal ini ditunjukkan dari hasil t hitung < t tabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 0 < 1. Kesimpulan daripenelitian ini adalah permainan scramble berpengaruh tterhadap kemampuan menyusun kalimat padasiswa tunagrahita.Children with intellectual disability have limitations in language acquisition mainly inprosessing vocabulary that is less functioning as it is expected, that is why they fell difficulty in preparingsentence. The purpose of this study was to describe the effects of the scramble games toward capabilityof sentence composition for students with intellectual disability. The method used is a quasi-experimentaldesign with time series design. This study shows there is a difference capability of sentence compositionfor students with intelllectual disability before and after treatment with scramble game. It is shown fromthe results of t arithmetic < t table at significant level of 0.05 is 0 <1. The conclusion of this study is thescramble game affect toward capability of sentence composition for students with intellectual disability.

Copyrights © 2016