J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan
Vol 2, No 3 (2017): DESEMBER

APLIKASI MEDIA ADVERTISING MOBILE BERBASIS AUGMENTED REALITY

Defan Mardiatna (Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)
Fitri Marisa (Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)
Indra Dharma Wijaya (Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

Dengan maraknya media sosial saat ini hampir semua media periklanan menggunakan media sosial sebagai wadah periklanan hanya saja periklanan menggunakan media sosial masih belum optimal dan jaminan kepercayaan dan kebenaran iklan tersebut masih sangatlah lemah dan masih sangat banyak dijumpai masalah. Untuk itu salah satu inovasi yang bisa digunakan yaitu penggabungan antara media cetak dengan elektronik digital yang menampilkan sebua objek visual berupa gambar 3D pada suatu media cetak misalnya brosur, koran, dll melalui aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengatasi dan menyajikan bentuk periklanan yang lebih baik dan menarik. Inti dari AR adalah melakukan interfacing untuk menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata. Dan dengan melakukan uji coba program dengan rumusan skala likert sehingga dapat membuktikan bahwapenggunaan media iklan menggunakan media augmented reality sudah membantu dan mendapatkan perbandingan dari media lama sebanyak 70.8% yang berarti sudah membantu secara optimal. Kata kunci — Augmented Reality, media periklanan, media sosial

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP) terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu dibulan maret, agustus dan desember. Memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi serta aplikasi teknik informatika. Jurnal JIMP terbitan berkala ini adalah hasil penelitian dari tugas akhir ...