Journal of Biology Education
Vol 1, No 1 (2018): Journal Of Biology Education

Pengunaan Media Larutan Bunga Sebagai Indikator Karbondioksida (Co2) Untuk Meningkatkan Daya Serap Kelas VIII Pada Materi Respirasi Manusia

Mayasari, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Proses pembelajaran konsep respirasi sering menemui banyak kendala sehingga daya serap kelas tidak seperti yang diharapkan. Untuk mengatasi kendala tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Fokus penelitian, berjudul "Penggunaan Media Solusi Bunga sebagai Indikator Karbon dioksida (CO2) untuk Meningkatkan daya serap Kelas VIII untuk konsep Respirasi Pada Manusia" bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan larutan bunga (Impatiens platypetala) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan daya serap kelas pada materi pernafasan pada manusia, Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 membahas organ dan proses respirasi manusia, siklus 2 menyelidiki jenis gas respirsasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dalam setiap siklus menggunakan larutan air bunga pacar (impatiens platypetala) sebagai media pembelajaran. Data diperoleh dari nilai tes harian I, II, dan sub sumatif yang memperlihatkan  peningkatan daya serap kelas kategori sedang (N-gain: 30,4). Data yang diperoleh dari penelitian mendukung pengembangan keterampilan proses sains dan sikap skala likert. Data pendukung menunjukkan bahwa keterampilan interpretasi telah meningkatkan kategori sedang (N-gain: 51,63) dan data yang diperoleh dari skala sikap menunjukkan pada umumnya siswa kelas VIII yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 25 anak perempuan merasa lebih memahami dan menyenangi belajar menggunakan media larutan bunga pacar air (Impatiens platypetala) untuk menyelidiki CO2.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...