GENETIKA
Vol 1, No 1 (2017): Genetika

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Pada Materi Tumbuhan Biji

Jamaludin, Didi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang mengembangkan pemahaman konsep melalui investigasi masalah yang bermakna dan dapat menghasilkan suatu produk. Model tersebut diteliti untuk dianalisis pengaruhnya terhadap berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi tumbuhan biji. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X disalah satu SMA Kota Bandung. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Analisis penelitian menggunakan t-test, N-Gain, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan berpikir kritis dibandingkan pembelajaran konvensional. Sikap ilmiah siswa terjadi peningkatan lebih tinggi, namun tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Sikap ilmiah menunjukkan hubungan yang rendah terhadap keterampilan berpikir kritis (r= 0,20).Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis Sikap Ilmiah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Genetika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

The focus of the Journal of Genetika is to provide the latest scientific articles based on research of biological education and biological sciences. It also receives conceptual analysis articles of book reviews and biology education ...