Pemilihan presiden tahun 2014 menyajikan pertarungan politik dengan tensi tinggi. Banyak isu negatif yang menerpa masing-masing kandidat. Fenomena ini mempengaruhi persepsi masyarakat khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fisip Universitas Lampung atas terpaan isu politik terhadap citra capres dan
cawapres pada Pemilu 2014 dan besar pengaruh terpaan isu politik terhadap citra capres dan cawapres. Penelitian ini menggunakan teori Konsistensi Kognitif-Afektif. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti ada pengaruh signifikan antara terpaan isu politik terhadap citra capres dan cawapres. Nilai korelasi pengaruh terpaan isu politik terhadap citra capres dan cawapres sebesar 0,596 yang berada pada rentang pengaruh sedang, sedangkan besar pengaruhnya adalah 35%.
Kata Kunci : Persepsi, Isu Politik, Citra, Pemilihan Presiden.
Copyrights © 2017