PROSIDING KOMUNIKASI
PROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU

KARAKTERISTIK WISATAWAN KOTA WISATA TAMBANG SAWAHLUNTO;PENDEKATAN KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN IDENTITAS KOTA (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Budaya Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat)

Marta, Revi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

Pariwisata merupakan sektor strategis untuk dikembangkan di setiap daerah, begitu juga di Provinsi Sumatera Barat. Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang sedang bergejolak mengembangkan sektor pariwisata. Kota Sawahlunto mampu merubah citra dan tata kelola kota dari kota bekas tambang batubara menjadi kota wisata tambang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing. Semenjak tahun 2010 kota Sawahlunto ramai dikunjungi wisatawan karena keunikan kota tuanya. Untuk membangun identitas kota Sawahlunto perlu dilakukan penelitian terkait karakteristik wisatawan yang datang ke Kota Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, karakteristik wisatawan dibagi menjadi 2 yaitu karateristik demografis dan karakteristik sosial ekonomi. Karakteristik demografis terdiri dari umur, jenis kelamin, daerah asal, tingkat pendidikan dan pekerjaan danfaktor sosial ekonomi yaitu pendapatan. Peneliti melihat di beberapa objek wisata kota Sawahlunto banyak dikunjungi oleh anak muda dengan kriteria umur 20-30 tahun. Diantara objek wisata yang banyak dikunjungi diantaranya : Danau Kandih, Puncak Polan, Kereta Api Mak Itam, Gudang Ransum, Lubang Mbah Suro dan beberapa objek wisata lainnya. Tidak hanya objek wisata yang menjadi pilihan anak muda untuk berkunjung ke kota Sawahlunto namun juga event bervariatif untuk anak muda

Copyrights © 0000