AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 8, No 1: Juni 2018

PEMBUATAN PETA KONSEP MEMANFAATKAN VISUALISASI GRAFIK PERSAMAAN KUADRAT BERBANTUAN GEOGEBRA

Memolo, Tundung ( SMPN 2 KALIBAWANG)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) meliputi dua konsep utama, yaitu matematisasi horisontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horisontal melibatkan ekspresi matematis dari masalah kehidupan nyata. Sedangkan matematisasi vertikal melibatkan ekspresi ulang matematika dengan penggunaan simbol. Dalam konteks ini, matematisasi horisontal menggunakan model, grafik dan diagram. Salah satu bentuk representasi dari grafik adalah penggunaan Geogebra. Geogebra adalah perangkat lunak matematika dinamis untuk sekolah yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Kendala yang dihadapi siswa adalah mereka membutuhkan waktu yang lama di dalam membuat sketsa grafik persamaan kuadrat. Akibatnya, para siswa terhambat di dalam menganalisis bentuk kurva dalam beragam nilai. Oleh karenanya, perlu dibuat peta konsep yang dibangun dengan pemahaman siswa itu sendiri melalui pembelajaran dengan menggunakan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat peta konsep setelah melihat visualisasi beragam grafik persamaan kuadrat dengan bantuan Geogebra. Metode penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk penelitian dasar yang berguna membuktikan dan menjelaskan sebuah teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik fungsi persamaan kuadrat dapat divisualisasi dengan jelas menggunakan Geogebra. Manipulasi nilai a,b, dan c dapat dilakukan pada Geogebra, yang selanjutnya Deskriminan (D) dapat dicari. Selanjutnya dapat dibuat peta konsep yang memvisualisasi hubungan antara nilai a,b,c, atau D dengan grafik persamaan kuadrat. Nilai a memvisualisasi keterbukaan grafik, apakah terbuka ke atas atau ke bawah. Nilai b terkait dengan nilai a yang memvisualisi sumbu simetri. Nilai c memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu Y, sedangkan nilai D memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu X, apakah berpotongan ataukah tidak..

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...