Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 1 (2016): Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA DI KOTA BIMA

Fadlin, Fadlin ( Pelaksana Akademik Mata kuliah Umum (PAMU) Universitas Esa Unggul Jl. Arjuna Utara No. 9, Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta - 11510)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

AbstractThis study aims to (1) describe of achievement motivation of students class XI High School in Bima, (2) describe of the results studying physics students of class XI School in Bima, and (3) determine a positive relationship between achievement motivation and results studied physics students of class XI School in Bima. This type of research is ex-post facto nature of causality. The population in this study were students of class XI High School in Bima the academic year 2013/2014 were taken using cluster sampling, followed by proportionate stratified random sampling. The results of the study illustrate that; (1) Class XI student achievement motivation School in Bima, in the high category; (2) the results of learning physics class XI student high school in Bima, in the high category; and (3) there is a positive relationship between achievement motivation and physics learning outcomes of students class XI School in Bima. Keywords: achievement motivation, learning outcomes AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan gambaran motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima, (2) mendapatkan gambaran hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima, dan (3) mengetahui hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima tahun ajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan cluster sampling yang dilanjutkan dengan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA di Kota Bima, termasuk dalam kategori tinggi; (2) hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA di Kota Bima, termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kota Bima. Kata Kunci: motivasi berprestasi, hasil belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah baik penelitian maupun non penelitian mengenai ilmu kependidikan pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain menerbitkan artikel-artikel yang ditulis oleh dosen ...