Al-Akhbar
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA

araniri, nuruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Tingkat pendidikan dan pekerjaan orangtua di SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka berbeda-beda,  sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang berbeda-beda pula. Idealnya, ketika tingkat pendidikan orangtua tinggi dan tingkat pekerjaan orangtua tinggi diikuti dengan hasil belajar siswa yang baik.Namun melihat kenyataan di lapangan, ada siswa yang tingkat pendidikan dan pekerjaan orangtuanya tinggi ternyata hasil belajarnya rendah atau kurang. Sebaliknya ada keluarga yang pendidikan dan pekerjaan orangtuanya rendah ternyata hasil belajarnya tinggi atau baik. Permasalahan yang muncul adalah seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk : (1) Untuk menjelaskan sejauhmana pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka; (2) Untuk menjelaskan sejauhmana pengaruh pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka; (3) Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh pendidikan dan pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP  Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Angket atau kuisioner; (2) Observasi; (3) Wawancara; (4) Dokumentasi; (5) Kepustakaan. Populasi siswa/i kelas VII s.d. IX SMP Negeri 1 Cigasong Kabupaten Majalengka berjumlah 317 orang siswa/i dan sampelnya berjumlah 63 orang siswa/i.Dari hasil pengujian terhadap variabel Pendidikan Orangtua (X1) terhadap Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Y) diperoleh korelasi sebesar 0,630 karena berada pada kisaran 0,600 – 0,790 korelasi variabel Pendidikan Orangtua (X1) terhadap terhadap Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran PAI (Y) tergolong korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil pengujian untuk variabel Pekerjaan Orangtua (X2) terhadap Hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI (Y) diperoleh korelasi sebesar 0,726 karena berada pada kisaran 0,600 – 0,790 korelasi variabel Pekerjaan Orangtua(X2) terhadap terhadap Hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran PAI (Y) tergolong korelasi yang kuat. Sementara untuk pengujian pengaruh Pendidikan Orangtua (X1) dan Pekerjaaan Orangtua (X2) terhadap Hasil belajar siswa Mata Pelajaran PAI menggunakan regresi berganda. Dari perhitungan tersebut di peroleh korelasi sebesar 0,729 dan berada pada kategori kuat, yakni pada kisaran 0,600 – 0,790 Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Pendidikan Orangtua (X1) dan pekerjaan Orangtua (X2) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Y) memberikan pengaruh sebesar 53,1 % dan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2017