Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENINGKATAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE TASK BASED LANGUAGE TEACHING PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Sari, Dian Shinta (Unknown)
Asman, Hamid (Unknown)
Rodhi, Rodhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui penggunaan metode Task Based Language Teaching (TBLT) dalam menulis karya ilmiah. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Introduction to Thesis Writing. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan pengamatan langsung. Alat pengumpul data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode TBLT terbukti meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, interaksi dalam pembelajaran, dan kemandirian mahasiswa; (2) Peningkatan rerata kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang pada siklus I hasilnya 5,21 meningkat menjadi 7,1 pada siklus II; dan (3) Proses belajar mengajar penulisan karya ilmiah lebih berbobot, menarik, dan menyenangkan.                                                                                                                                     Kata Kunci: Task Based Language Teaching, keterampilan menulis, peningkatan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...