Master Bahasa
Vol 5, No 1 (2017)

Analisis Ragam Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Azhari Azhari (Unknown)
Wildan Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam pertanyaan dan strategi bertanya yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Asumsi dilakukannya penelitian ini adalah terdapatnya pembelajaran yang tidak aktif yang diakibatkan oleh cara atau strategi bertanya guru yang tidak tepat dalam pembalajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Tahapan penelitian: (1) mencatat dan merekam semua dialog guru dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung; (2) mentranskripsikan data rekaman dengan teknik catat; (3) mengelompok data berdasarkan variabel; dan(4) menganalisis dan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan enam ragam pertanyaan: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; (2) ragam pertanyaan pemahaman; (3) ragam pertanyaan terapan; (4) ragam pertanyaan analisis; (5) ragam pertanyaan sintesis; dan (6) ragam pertanyaan evaluasi, dan menggunakan empat strategi bertanya: (1) strategi waktu tunggu; (2) strategi penguatan; (3) strategi pertanyaan menggali, dan (4) strategi persamaan interaksi. Ragam pertanyaan yang paling sering digunakan guru dalam pembelarajaran: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; (2) ragam pertanyaan pemahaman; (3) ragam pertanyaan analisis; (4) ragam pertanyaan evaluasi; (5) ragam pertanyaan terapan; dan (6) ragam pertanyaan sintesis. Strategi bertanya yang paling sering digunakan guru dalam pembelajaran: (1) strategi penguatan; (2) strategi waktu tunggu; (3) strategi pertanyaan menggali; dan (4) persamaan interaksi.

Copyrights © 2017