Tingginya permasalahan gigi berlubang di Indonesia belum bisa meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan di BP gigi Puskesmas Way Laga serta belum sesuai dengan target yaitu minimal sekali dalam 6 bulan .Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan jumlah kunjungan pelayanan kesehatan gigi di BP Gigi Puskesmas Way Laga Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Pendekatan cross sectional dilakukan dengan sampel 62 orang yang memanfaatkan BP Gigi Puskesmas Way Laga yang diperoleh dengan teknik quota sampling dengan variabel  jarak, sosial ekonomi masyarakat dan kepuasan masyarakat terhadap tingkat kunjungan masyarakat. Hasil uji statistik menggunakan chi square (tingkat kepercayaan 95 %)  menunjukkan bahwa jarak (p = 0,204) dan kepuasan masyarakat (p = 0,40) tidak berhubungan dengan tingkat kunjungan masyarakat ke BP Gigi Puskesmas Way Laga. Dari hasil penelitian disimpulkan yang berhubungan dengan tingkat kunjungan pada pelayanan gigi di BP Gigi Puskesmas Way Laga adalah sosial ekonomi masyarakat (p=0,02) dimana dalam mengakses Puskesmas Way Laga memerlukan biaya untuk transportasi. Saran dalam penelitian ini Puskesmas Way Laga dianjurkan untuk melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkunjung ke pelayanan kesehatan gigi serta membuka akses pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Pembantu untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke BP Gigi. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015