Menulis paragraf argumentasi merupakan keterampilan berbahasa yang sudah diajarkan sejak duduk di bangku sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana subjek, yaitu mahasiswa baru, yang notabene lulusan SMA/SMK, di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta, menulis paragraf argumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dari segi konten dan organisasi paragraf argumentasi. Sejumlah 16 subjek menyatakan setuju dengan topik tersebut, sedangkan sisanya tidak setuju. Subjek umumnya memandang optimis terhadap profesi lulusan fakultas ekonomi pada masa depan. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam paragraf argumentasi, organisasi tulisan subjek menunjukkan cara berpikir yang berputar-putar, mengulang-ulang, tidak runtun, tidak jelas, tidak tuntas, adanya kalimat tidak relevan, adanya bukti-bukti pendukung yang tidak logis, dan simpulan yang kurang tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018