Pemanfaatan literasi informasi bagi pengembangan metode pembelajaran diperguruan tinggi mutlak diperlukan demi menghasilkan sarjana yangmemiliki kualitas dan daya saing di era globalisasi. Dosen harus dapatberinovasi dalam menciptakan metode pembelajaran yang sesuai denganperkembangan i;mu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui manfaat literasi informasi bagi dosen untuk mengembangkanmetode pembelajaran di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakanadalah dengan mengunakan pendekatan kuantitatif yang kemudian diolahdengan menggunakan software SPSS versi 23,00. Dari hasil penelitian yangdilakukan terhadap 28orang dosenSekolah Tinggi Ilu Ekonomi KridatamaBandung yang keseluruhannya dijadikan responden diketahui bahwa secaraumum dosen memiliki kompetensi yang memadai untuk mengembangkanmetode pembelajaran. Berdasarkan hasil olah statistik faktor kompetensikaryawan memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengembangkanmetode pembelajaran dengan memberikan kontribusi sebesar 23,40%. Namundemikian kemampuan dosen dalam penguasaan teknologi infomasi harusditingkatkan baik melalui workshop maupun pelatihan.
Copyrights © 2018