Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus untuk mengetahui Apakah Penerapan Supervisi Akademik Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 6 Pujut. Metode pengumpulan data digunakan observasi, interview, dan dokumentasi dengan lembar instrumen supervisi. Hasil belajar siswa siklus I, persentase rata-rata Pra Siklus yang 60,50% meningkat menjadi angka persentase yang cukup tinggi yaitu 71,25% dengan katagori cukup. Hasil belajar siswa siklus II, rata-rata persentase pencapaian pada siklus 1 yang berjumlah 71,25% dengan katagori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 81,00% dengan katagori baik. Hasil ini sungguh merupakan hasil kegiatan pembimbingan penyusunan RPP yang cukup membanggakan peneliti. Dengan demikian, penerapan Supervisi Akademik Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 6 Pujut dinyatakan efektif.
Kata Kunci: Guru, RPP, Supervisi Akademik Kolaboratif
Abstract: Classroom Action Research with 2 cycles to find out whether the Application of Collaborative Academic Supervision can improve teachers ability in developing Learning Implementation Plan (LIP) in SMP Negeri 6 Pujut. Methods of data collection used were observation, interview, and documentation with supervision instrument sheet. Student learning outcomes in cycle I, the average percentage of Pre-Cycle that 60.50% increased to a fairly high percentage of 71.25% with enough categories. Student learning outcomes in cycle II, the average percentage increased to 81.00% with a good category. Thus, the application of Collaborative Academic Supervision can improve teachers ability in developing Learning Implementation Plan (RPP) in SMP Negeri 6 Pujut declared effective.
Keywords: Teacher, LIP, Collaborative Academic Supervision
Copyrights © 2018