Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol 2 No 1 (2018): April 2018

Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk Melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperaktivity Disorder

Hasanah, Husni Watul (Unknown)
Fatmawati, Fatmawati (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peneliti mendapati seorang anak ADHD yang mengalami kesulitan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan perilaku meninggalkan tempat duduk. Penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma.  Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain penelitian A-B-A, subjek penelitian  seorang anak ADHD dengan gejala hiperaktivitas, data diukur mengunakan durasi untuk melihat berapa lama anak mampu untuk bertahan duduk dalam 30 menit proses pembelajaran berlangsung  dengan stopwatch dan mengunakan frekuensi untuk melihat  berapa kali anak meninggalkan tempat duduk selama 30 menit proses pembelajan berlangsung dengan tally. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa, teknik time out dapat meningkatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...