Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas IV di SD N 01 Limau Manis Padang beberapa anak memiliki nilai rendah dalam kemampuan operasi pengurangan. Saat mengerjakan soal pengurangan, anak masih salah dalam mengurangi kecil ke besar. Ketika mengurangi dari kecil ke besar dibalik menjadi besar ke kecil tanpa meminjam.Anak diskalkulia memiliki kelemahan dalam belajar matematika. Kesulitan yang dimiliki anak tentang pengurangan adalah konsep dasar matematika. Penting bagi anak untuk memahami konsep  pengurangan. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran. Saat pembelajaran, guru dapat  menggunakan media dalam memberikan materi termasuk belajar matematika. Alternatif yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan  pengurangan anak diskalkulia, salah satunyamedia puzzle kartu angka. Media puzzle kartu angka adalah permainan bongkar padang diadaptasi dari materi pengurangan puluhan dengan teknik meminjam. Hasil penelitian ini menunjukkan media puzzle kartu angka  efektif untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bagi anak diskalkulia kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018