AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan proses pembelajaran pada kurikulum 2013, pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan model terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai pemberian kuis. Sedangkan hipotesis penelitian yang akan diuji adalah “ hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai pemberian kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang tidak menerapkan”. Hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji –t diperoleh Artinya H0 ditolak, H1 diterima; sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai pemberian kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang tidak menerapkan. Abstract This research is motivated by the demands of the learning process in the 2013 curriculum, student-centered learning, problem-solving skills, communication skills, collaboration, and innovation. This study aims to see the effect of the application of the model to the learning outcomes of mathematics learners. The problem in this study is how the learning outcomes (cognitive, affective, and psychomotor) of the learners' mathematics after the application of cooperative learning model type of time token along with the quiz. While the research hypothesis to be tested is "the results of learning mathematics learners after the application of cooperative learning model type of time token with the quiz is better than the results of learning mathematics learners who do not apply". The result of hypothesis test by using t-test is obtained tHitung = 2,94> 1,67 = t(0,05;54) . Meaning H0 is rejected, H1 accepted; so it can be concluded that the results of learning mathematics learners after the application of cooperative learning model type of time token with the quiz is better than the results of learning mathematics learners who do not apply.
Copyrights © 2017