ABSTRAK IndonesiaPenelitian ini berjudul” Representasi Visual Konflik Aceh Melalui Film Dokumenter (Studi Analisis Semiotika Pada Film Dokumenter Jalan Pedang RI dan GAM)”. Film dokumenter merupakan salah satu genre yang banyak menampilkan sisi lain dari lingkungan sosial. Hal ini dikarenakan pembuatan film dokumenter memiliki pengaruh besar dalam mengangkat problema yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara kompleks. Film dokumenter ”Jalan Pedang” bercerita tentang perjuangan rakyat Aceh dalam menuntut keadilan dari Indonesia. Yang mana ketika diproklamasikan kemerdekaan indonesia termasuk Aceh, Aceh tidak merasakan kemerdekaan dan merasa terabaikan. Representasi visual konflik dalam film terbagi atas tiga tipe yaitu visual konflik persepsi, visual konflik perasaan, visual konflik tindakan. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisisi semiotika Roland Barthes. Studi kepustakaan yang digunakan berupa sebuah film dokumenter karya Watchdoc dan buku-buku, foto, serta website resmi rumah produksi watchdoc. Hasil dari penelitian ini yaitu Representasi Visual Konflik dalam film dokumenter ini masih disimbolkan dengan bantuan teks, foto dan beberapa visual adegan flashbck saat tragedi peristiwa berdarah yang terjadi pada tahun 1999 silam. Adapun adegan –adegan yang mewakili visual konflik yaitu penggunaan senjata tajam, adanya kumpulan massa yang memberontak, dan beberapa kumpulan foto bersejarah dari tahun berdirinya Gerakan Aceh Merdeka hingga puncak peristiwa berdarah dimulai dari tahun 1999-2005 sebagai puncak perdamaian antar RI-GAM Melalui ikatan perjanjian MoU-Helsinki Di Swedia.Kata Kunci: Representasi, Konflik, Film Dokumenter Jalan Pedang"Visual Representation of Aceh Conflict through Documentary Films (Semiotics Analysis Study on Documentary Movie Jalan Pedang RI and GAM)"ABSTRACTThe study is entitled "Visual Representation of Aceh Conflict through Documentary Films (Semiotics Analysis Study on Documentary Movie Jalan Pedang RI and GAM)". Documentary film is one of the many genres that show the other side of the social environment. This is because the making of documentary film has a big influence in lifting the problems that occur in the life of the community in a complex way. The documentary "Jalan Pedang" tells the story of the struggle of the people of Aceh in demanding justice from Indonesia. Which when proclaimed independence of Indonesia including Aceh, Aceh did not feel independence and felt neglected. The visual representation of conflicts in the film is divided into three types: visual perception conflict, visual conflict of feeling, visual conflict of action. This research was analyzed descriptively by using qualitative approach through Roland Barthes semiotics analisisi. The literature study used in the form of a documentary by Watchdoc and books, photos, and the official website of watchdoc production house. The result of this research is Visual Representation Conflict in this documentary is still symbolized with the help of text, photos and some visual flashbck scene during the tragedy of bloody events that occurred in 1999 ago. The scenes that represent visual conflict are the use of sharp weapons, the presence of rebel masses, and several historic photographs from the establishment of the Free Aceh Movement to the peak of bloody events from 1999-2005 as the peak of peace between RI-GAM Through the bond agreement MoU-Helsinki In Sweden.Keywords: Representation, Conflict, Documentary Movie Jalan Pedang
Copyrights © 2017