JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Number 1 March 2018

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS VS PROBLEM BASED LEARNING

Rypan Supriatna (Institut Pendidikan Indonesia, Garut, Indonesia)
Ekasatya Aldila Afriansyah (Institut Pendidikan Indonesia, Garut, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

Penggunaan model pembelajaran bisa digunakan sebagai perangsang minat dan motivasi belajar peserta didik agar bisa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan dan kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta respon peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaan kooperatif tipe Pair Checks dan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Cilawu tahun ajaran 2016/2017, kelas eksperimen I adalah kelas VII-G yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen II adalah kelas VII-H yang mendapatkan model Problem Based Learning dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang.  Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Segiempat. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh kesimpulan: "Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan akhir yang signifikan antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dan model Problem Based Learning”. sedangkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dari kedua kelas dikategorikan tinggi. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menghasilkan respon baik dan respon peserta didik terhadap model Problem Based Learning menghasilkan respon sangat baik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...