ALQALAM
Vol 34 No 1 (2017): January - June 2017

وسطيت التربية الإسلامية وانعكاساتها في المناهج الدراسية الأزهرية

Ilyas, Syairozi Dimyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana moderasi pendidikan Islam dan sejauh mana moderasi kurikulum pendidikan dasar dan menengah di sekolah-sekolah Al-Azhar di Mesir. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam itu mempunyai filsafat yang moderat, baik dalam pandangannya terhadap hakikat manusia, alam, kehidupan, tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pendidikan Islam juga sangat moderat dalam berbagai aspeknya, baik jasmani, rohani, akal, maupun pendidikan sosial. Pendidikan Islam juga mempunyai pandangan yang moderat terhadap orisinalitas dan modernitas, khususnya pada sumber-sumber pendidikan, metode pengajaran maupun dalam system evaluasinya. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah sekolah-sekolah Al-Azhar Mesir sangat moderat dalam materinya. Kata Kunci:Pendidikan Islam, Kurikulum, al-Azhar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education ...