ALQALAM
Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002

SISTEM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2002

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Salah satu indikator mutu pendidikan di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa dan kualitas hasil belajar akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajarannya. Dosen merupakan faktor determinan dalatn menentukan tinggi rendahnya kualitas proses pembelajaran. Kualitas proses_pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana dosen dalam menggunakan sistem penyajian bahan, peranan dosen dalam mengelola kegia n pembelajaran, .tingkat partisipasi dan jenis kegiatan belajar yang dihayati mahasiswa se iklim proses pembelajaran.Ada dua pola pembelajaran di Perguruan Tinggi yaitu pola pembelajaran yang berpusat pada lembaga atau dosen, yaitu seorang dosen mengajar mahasiswa dengan bahan ajar yang sudah given sebagaimana yang telah dituangkan dalam Silabus dan Pola Pembelajaran yang di desain dengan pendekatan sistem yaitu dosen mengajar dan mahasiswa. belajar, bertolak dari kebutuhan belajar mahasiswa yang diawali dengan needs assesment. Strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi keaktifan berpusat pada mahasiswa dan kemandirian.Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Perguruan Tinggi, Pola Pembelajaran

Copyrights © 2002






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education ...