Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi
Vol 7, No 1 (2017): Bioeduin Februari

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Chera Rizqi Faujiyah (UIN SGD Bandung)
Idad Suhada (UIN SGD Bandung)
Sri Hartati (UIN SGD Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran tergantung padaketerampilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Agar dapat membuat siswamemperoleh hasil belajar yang baik, guru harus mengimplementasikan berbagai modelpembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu GroupInvestigation. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan dilapangan,dimana model pembelajaran yang paling dominan yang digunakan adalah modelpembelajaran secara konvensional yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadaphasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Jatinangor setelah digunakan model GroupInvestigation pada materi sistem ekskresi manusia. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control GroupDesign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Jatinangor dan sampeldiambil dua kelas, yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan menggunakan teknik samplingInsidental. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelaseksperimen nilai rata-rata prettest sebesar 45,56, posttest 75,18 dan termasuk dalam kategoribaik. Data uji hipotesis dengan menggunakan Uji t hasilnya thitung8,90 > ttabel 2,02, maka Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran Group Investigation berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajarsiswa pada Sistem Ekskresi Manusiadan lebih meningkatkan hasil belajar siswa XI IPA SMANegeri Jatinangor.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioeduin

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduin is scientific journal which managed by Biology Education Department Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati bandung. This journal publish in print version (p-ISSN:2338-7173) since 2013 and online version (e-ISSN:2615-0417) since 2018. Bioeduin focus on biology ...