Beta: Jurnal Tadris Matematika
Vol. 7 No. 1 (2014): Beta Mei

Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik

Alkusaeri Alkusaeri (IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
14 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika yang ditunjukkan oleh meningkatnya (1) keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dan (2) prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NW 02 Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim yang berjumlah 13 orang, 6 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas enam pertemuan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keterlibatan atau keaktifan maupun prestasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Setelah dianalisis data mengenai penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan realistik yang dilakukan guru melalui proses pengamatan terhadap proses pembelajaran ternyata mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III sehingga keterlibatan aktif dan prestasi belajara siswa meningkat pula.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

betaJTM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Bετα: Jurnal Tadris Matematika (p-ISSN: 2085-5893 | e-ISSN: 2541-0458) is scientific, peer-reviewed, and open access journal published by Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram in collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKIN (Ad-Mapeta) half-yearly on May ...