Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran strategi penemuan yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi SPL dua variabel siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram. Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua Siklus. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII- A SMPN 4 Mataramyang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari: (a) hasil pekerjaan siswa secara tertulis, (b) hasil wawancara, (c) hasil observasi,dan (d) hasil catatan lapangan.Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil tes belajar dan aktivitas siswa. Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi dan hasil tes akhir siklus.Hasil observasi menunjukkan bahwa yang dilakukan pada kategori baik. Dari hasil tes akhir siklus persentase ketuntasan klasikal 85,30% menujukkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang konsep sistem persamaan linier (SPL) dua variabel.
Copyrights © 2011