Mata pelajaran IPS sering dianggap “sulit” dan “hal yang menakutkan” bagi sebagian siswa, bahkan sebagian gurunya beranggapan sama, dan kehilangan daya tarik. Berbagai inovasi dan program pendidikan telah dilaksanakan antara lain penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku ajar dan buku referensi lainnya, peningkatan mutu guru melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidikan, peningkatan manajemen pendidikan, serta pengadaan fasilitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mendeskripsikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui teknik diskusi kelompok dengan desain penelitian menggunakan action research kuantitatif. Data diambil dari tes dan dianalisis dengan teknik deskritif yang bertujuan untuk memperoleh skor. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pada siklus I 70,43, siklus II 71,52 dan pada siklus III rata rata 82,17. Berdasarkan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui teknik diskusi kelompok siswa kelas IV SDN Pager Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.
Copyrights © 2017