Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 7, No 02 (2017)

Pendekatan Pembelajaran Struktural Think-Pair-Share dalam Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan dan Mempraktikkan Shalat Fardlu Siswa Sekolah Dasar

Sahudi Sahudi (SDN Bekare, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam. Penelitian ini membahas kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan menerapkan pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan struktural Think-Pair-Share merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola diskursus di dalam kelas. Think-Pair-Shere memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Hasil analisa data per siklus dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I  65,00, nilai rata-rata pada siklus II 76,88 dan siklus III rata rata 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan baik secara individual maupun klasikal. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan pendekatan Struktural Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN 2 Munggu Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...