Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam. Penelitian ini membahas kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan menerapkan pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan struktural Think-Pair-Share merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola diskursus di dalam kelas. Think-Pair-Shere memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Hasil analisa data per siklus dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I 65,00, nilai rata-rata pada siklus II 76,88 dan siklus III rata rata 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan baik secara individual maupun klasikal. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan pendekatan Struktural Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN 2 Munggu Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.
Copyrights © 2017