Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2016)

PERIKLANAN DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI INDONESIA

Elana Era Yusdita (Pendidikan Magister Akuntansi Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan strategi perusahaan terhadap kegiatan periklanan yang dilakukan, serta dampak efektivitas iklan terhadap kinerja keuangan, yaitu ROI dan pertumbuhan laba. Pengujian juga dilakukan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap kinerja keuangan tersebut. Pengelompokkan perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI pada tahun 2014 berstrategi prospector/ defender dilakukan menggunakan analisis cluster. Pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Square menunjukkan hasil bahwa stategi perusahaan tidak mempengaruhi efektivitas periklanan, efektivitas periklanan berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, serta dua rasio kinerja, yaitu ROI dan pertumbuhan laba, tidak berpengaruh terhadap reaksi pasar. Manajer diharapkan dapat mempertimbangkan pengeluaran yang besar untuk periklanan berdasarkan tren daya beli masyarakat. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih besar dan jendela abnormal return yang lebih panjang untuk memberikan bukti tambahan tentang reaksi pasar atas kinerja keuangan perusahaan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

assets

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ASSETS is an accounting term that means property. Together with the hope and spirit of our study program, ASSETS is expected to be a valuable repository that holds the results of thinking and research in the field of accounting and education. Our accounting and education sub-areas include financial ...