Energi listrik merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat. Penyediaan energi listrik di Indonesia masih dikelola oleh suatu Badan Usaha Milik Negara yaitu PLN (Perusahaan Listrik Negara). PLN (Persero) sebagai satu-satunya perusahaan penyedia listrik, sampai saat ini belum mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Salah satu penyebab utama pelayanan listrik tidak optimal karena dalam penyaluran energi listrik ke pelanggan, sering terjadi ketidak seimbangan antara pasokan energi listrik yang didistribusikan pihak PLN dan yang diterima oleh konsumen. Hal ini disebabkan antara lain: terjadinya eror pada sistem, terjadinya kebocoran listrik (losses), terjadinya gangguan jaringan distribusi. sehingga kontinuitas penyaluran tenaga listrik akan terputus akibat pemadaman aliran listrik. Gangguan yang sering terjadi adalah Over Curent dan Ground fault, dan biasanya gangguan ini lama diketahui oleh pihak PLN sehingga akan terjadi pemadaman yang lama. Dengan adanya Sistem Pengontrolan Kinerja Sistem Distribusi Listrik Berbasis SMS(Short Message Service) Gateway maka gangguan akan segera diketahui dan pihak PLN dapat langsung terjun ke lokasi gangguan sehingga pasokan listrik kembali normal.
Copyrights © 2015