SENTIA 2016
Vol 8, No 1 (2016)

Visualisasi 3D Tata Surya dengan Metode Occlusion Based sebagai Media Pembelajaran

Afdhol Dzikri (Seminar Negeri Tegnologi Infomasi Politeknik Negeri Malang)
Wahyu Agung Santoso (Seminar Negeri Tegnologi Infomasi Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Pada umumnya masyarakat Indonesia sulit untuk memahami konsep pelajaran yang diberikan oleh sekolahnya. Khususnya dalam pelajaran IPA. Hal ni dapat dibuktikan dengan hasil kuisioner yang sebelumnya sudah  uji  kelayakaan  bahwa  pengetahuan  siswa  SD  masih  kurang  paham  dan  mengerti  tentang  planet. Kurangnya  metode  pembelajaran  yang  efisien  dan  menyenangkan  merupakan  faktor  utama. Teknologi augmented reality ini merupakan solusi yang tepat untuk menghasilkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan dalam proses belajar khususnya untuk siswa SD. Secara virtual aplikasi ini menggunakan perangkat smartphone untuk prosesnya agar pembelajaran lebih mudah dimengerti. Augmented Reality visualisasi 3D Sistem Tata Surya dengan metode Occlusion Based yang selanjutnya akan menampilkan objek 3D planet dari planet yang dekat dengan matahari sampai yang terjauh dan juga diberikan informasi setiap objek 3D, setelah berjalan didalam aplikasi terdapat panduan untuk menjalankan aplikasi 3D Sistem Tata Surya.

Copyrights © 2016