SENTIA 2016
Vol 8, No 1 (2016)

APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK ANIMASI 3D BERBASIS MULTIMEDIA

Triyanna Widiyaningtyas (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasi Politeknik Negeri Malang)
I Made Wirawan (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasi Politeknik Negeri Malang)
Ega Gefrie Febriawan (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasi Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Matapelajaran Teknik  Animasi  3  Dimensi  merupakan  salah  satu  matapelajaran  yang  dipelajari  pada program keahlian multimedia. Matapelajaran ini diajarkan pada kelas XI dan memiliki bobot 8 Jam Studi (JS) yang dibagi menjadi 2 semester. Namun pada penerapannya, matapelajaran ini hanya diajarkan dalam satu semester, karena terdapat kegiatan Praktik Industri (PI) yang harus dilakukan oleh siswa selama satu semester. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru matapelajaran Teknik Animasi 3 Dimensi, hal tersebut membuat materi yang dapat diserap oleh siswa menjadi berkurang karena keterbatasan waktu dan materi yang diajarkan juga cukup banyak. Selain itu,  media  yang digunakan dalam pembelajaran ini hanya  modul praktikum dengan sedikit penjelasan yang menyebabkan siswa kurang memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada kompetensi teknik animasi 3D. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah model pengembangan Arif Sadiman. Adapun langkah-langkah dalam model pengembangan Arif Sadiman adalah menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan instruksional, merumuskan butir materi, mengembangkan alat evaluasi,  pembuatan naskah,  mengadakan uji coba, revisi, dan naskah siap produksi. Validasi aplikasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menentukan kelayakan dari aplikasi yang dikembangkan. Sedangkan uji coba aplikasi pembelajaran interaktif ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase kelayakan 92% dan hasil validasi ahli materi adalah 84,72%. Dari hasil uji coba perseorangan diperoleh persentase sebesar 87,50%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,13%, dan uji coba lapangan  sebesar 89,63%. Rata-rata persentase kelayakan secara  keseluruhan adalah 88,60%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011), secara keseluruhan aplikasi pembelajaran interaktif ini dinyatakan sangat layak untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teknik animasi 3 dimensi.

Copyrights © 2016