Pelataran Seni : Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
Vol 2, No 2

Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Paduan Suara Siswa dengan Media Pembelajaran Software Encore

Rizqi Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Prosedur penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua siswa di kelas XI Busana-2 SMKN 2 Amuntai yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik penilaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan bernyanyi paduan suara melalui pembelajaran teknik vokal menggunakan media software encore. Hal ini dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Peningkatan siswa bernyanyi paduan suara ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada saat pra-siklus yang masuk dalam kriteria “kurang baik” dan sesudah diberikan tindakan hasilnya masuk dalam kriteria “baik”. Nilai rata-rata kelas XI Busana-2 SMKN 2 Amuntai mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I sebesar 45,45%. Kemudian dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan sebesar 31,82%.Kata Kunci : bernyanyi paduan suara, pembelajaran teknik vokal, software encore

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Pelataran Seni contains research articles, findings, ideas, and scientific studies related to the field of arts education and art studies. The editor also receives a review or book review related to the scope of the Pelataran ...