Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
Vol 16, No 2 (2018): September 2018

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta

Erica, Denny (Unknown)
Al Rasyid, Harun (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keingintahuan akan seberapa besar pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa transportasi online di Jakarta. Sampel penelitian ini adalah para pengguna jasa layanan transportasi online, baik motor maupun mobil yang berjumlah 160 responden. Kuesioner penelitian disebar di lima wilayah yang berbeda, meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan agar mendapatkan sampel yang lebih variatif dengan pembagian masing-masing 32 sampel pada tiap wilayah. Untuk menganalisis data digunakan Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini mendapatkan hasil antara lain, kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi informasi ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian akhir, juga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan kausal kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap ...