Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PBSI MELALUI STRATEGI P2KB MAHASISWA 2010-C PRODI PBSI ADI BUANA SURABAYA

Rahayu Pujiastuti (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
mimas ardhianti (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Berdasarkan observasi diketahui bahwa para mahasiswa 2010-C Prodi PBSI Adi Buana tahun akademik 2012/2013 mengalami kesulitan ketika harus membuat tujuan pembelajaran secara baik dan benar. Alternatif solusi yang dipilih yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang menggunakan strategi P2KB. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah strategi P2KB dapat meningkatkan kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan PBSI mahasiswa 2010-C Prodi PBSI Unipa Surabaya Tahun Pelajaran 2012/2013?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh dosen bekerja sama dengan teman sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa 2010-C tahun akademik 2012/2013 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga teknik yaitu observasi, tes, dan angket. Untuk analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi (SP2KB) dapat meningkatkan kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan PBSI mahasiswa 2010-C Prodi PBSI. Hal terbukti pada meningkatnya (1) aktivitas dosen dari 97% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2;(2) aktivitas mahasiswa dari 92% pada siklus 1 menjadi 97% pada siklus 2;(3) ketuntasan belajar dari 79,41% pada siklus 1 menjadi 88,23% pada siklus 2;(4) respon mahasiswa dari 74% pada siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...