Berdasarkan observasi diketahui bahwa para mahasiswa 2010-C Prodi PBSI Adi Buana tahun akademik 2012/2013 mengalami kesulitan ketika harus membuat tujuan pembelajaran secara baik dan benar. Alternatif solusi yang dipilih yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang menggunakan strategi P2KB. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah strategi P2KB dapat meningkatkan kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan PBSI mahasiswa 2010-C Prodi PBSI Unipa Surabaya Tahun Pelajaran 2012/2013?†Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh dosen bekerja sama dengan teman sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa 2010-C tahun akademik 2012/2013 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga teknik yaitu observasi, tes, dan angket. Untuk analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi (SP2KB) dapat meningkatkan kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan PBSI mahasiswa 2010-C Prodi PBSI. Hal terbukti pada meningkatnya (1) aktivitas dosen dari 97% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2;(2) aktivitas mahasiswa dari 92% pada siklus 1 menjadi 97% pada siklus 2;(3) ketuntasan belajar dari 79,41% pada siklus 1 menjadi 88,23% pada siklus 2;(4) respon mahasiswa dari 74% pada siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2.
Copyrights © 2013