Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran efektivitas bimbingan karier berdasarkan pendekatan naratif untuk meningkatkan adapatabilitas karier peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one grouppretest-posttestdesign dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi penelitian adalah 290 peserta didik kelas X SMA N 1 Babat dengan sampel sejumlah 28 peseta didik yang memiliki adaptabilitas karier sedang. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengungkap profil adaptabilitas karier peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adaptabilitas karier peserta didik 51,72 % berada pada katagori tinggi dan 48, 28% berada pada katagori sedang; (2) program bimbingan karier berdasarkan pendekatan naratif efektif untuk meningkatkan adaptabilitas karier peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014