Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

BIMBINGAN KARIER BERDASARKAN PENDEKATAN NARATIF UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIER PESERTA DIDIK: Bimbingan Karier, Pendekatan Naratif, Adaptabilitas Karier

Husni Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran efektivitas bimbingan karier berdasarkan pendekatan naratif untuk meningkatkan adapatabilitas karier peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one grouppretest-posttestdesign dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi penelitian adalah 290 peserta didik kelas X SMA N 1 Babat dengan sampel sejumlah 28 peseta didik yang memiliki adaptabilitas karier sedang. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengungkap profil adaptabilitas karier peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adaptabilitas karier peserta didik 51,72 % berada pada katagori tinggi dan 48, 28% berada pada katagori sedang; (2) program bimbingan karier berdasarkan pendekatan naratif efektif untuk meningkatkan adaptabilitas karier peserta didik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...