J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika
Vol 8 No 1 (2015): J Statistika: Jurnal Imiah dan Aplikasi Statistika

ANALISIS CLUSTER PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK HANDPHONE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PENJUALAN di ZICOMS

lilia arum suryanita (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
permadina kanah arieska (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2015

Abstract

Handphone adalah salah satu perkembangan alat komunikasi dan perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat dibawa ke mana-mana serta tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah–langkah analisis cluster dengan metode Complete Linkage serta mengelompokkan persepsi konsumen terhadap produk handphone dalam menentukan strategi promosi penjualan di toko Zicoms. Langkah-langkah analisis cluster menggunakan metode Complete Linkage yaitu diawali dengan mencari dua obyek terdekat dan keduanya membentuk cluster yang pertama. Langkah selanjutnya yaitu menghitung jarak terjauh antara cluster pertama yang telah terbentuk dengan obyek lainnya, dengan demikian terbentuk matriks jarak yang baru. Proses ini akan berlanjut sampai akhirnya terbentuk cluster tunggal. Hasil dari pengelompokkan tersebut terbentuk 4 cluster dengan cluster 1 berjumlah 9 responden, cluster 2 berjumlah 21 responden, cluster 3 berjumlah 6 responden, dan cluster 4 berjumlah 4 responden. Berdasarkan hasil pengelompokkan tersebut, dengan jumlah responden terbanyak terletak pada cluster 2 maka saran promosi diprioritaskan terhadap cluster 2

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jstatistika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Merupakan Media Penerbitan Dan Pembahasan Karya Ilmiah Dalam Bidang Ilmu Statistika Beserta Aplikasinya, Baik Berupa Hasil Penelitian, Bahasan Tentang Teori, Metodologi, Komputasi, Maupun Aplikasi Statistika Dalam Bidang ...