Majalah Ekonomi
Vol 21 No 1 Juli (2016)

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk.

Siti Samsiyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Bauran pemasaran (marketing mix) pada tawaran pasar berupa barang jadi yang terdiri dari produk, price, place dan promotion (4P) dan dapat dibedakan dengan bauran pemasaran pada tawaran pasar berbentuk jasa. Perbedaan tersebut terletak pada pengembangan yang lebih detail pada komponen-komponennya. Pada bauran pemasaran untuk tawaran pasar berbentuk jasa diperluas menjadi 7P yang terdiri dari Product, Price, Promotion, Place, People, Physical evidence, dan Process. Ketujuh komponen bauran pemasaran tersebut merupakan kelompok variabel yang dapat dikontrol oleh perusahaan untuk menentukan strategi pemasarannya sebelum mencapai pasar sasarannya dengan Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan metode penelitian sebaga,i indentifikasi variabel yaitu untuk dependen variabel (Y) Kepuasan Pelanggan atau nasabah dan Independen variabel (X) terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi dan Bukti Fisik, skala pengukuran menggunakan skala likert metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Kata kata kunci : Bauran Pemasaran, Product, Price, Place dan Promotion, Physical evidence, Process, People, Kepuasan Nasabah.

Copyrights © 2016