Abstrak memiliki peran penting berdasarkan tujuan tertentu yang dapat digunakan untuk memilih topik dan mempertimbangkan apakah pembaca harus mengambil langkah yang diperlukan untuk membaca sebagian atau seluruh teks utama. Menulis abstrak menjadi salah satu syarat dalam melengkapi skripsi yang menjadi syarat kelulusan. Abstrak harus mencakup semua hal yang mahasiswa lakukan dalam penelitian mereka dan untuk memberikan gambaran keseluruhan sebagai hasil dari penelitian mereka. Namun, tidak semua orang bisa menulis abstrak dengan baik. Ada masalah umum dalam menulis abstrak yang biasanya sering dilakukan. Banyak mahasiswa yang menulis abstrak dengan menggunakan pernyataan yang tidak perlu, kata, frasa, atau dengan mengulang-ulang suatu pernyataan untuk membuat tulisan panjang sedangkan menulis abstrak harus ringkas dan jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana struktur kalimat siswa dalam menulis abstrak. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang menggunakan purposive sampling dalam teknik pengumpulan data berdasarkan skripsi mahasiswa yang mendapat nilai sangat baik. Byrd dan Benson, (2001: 37) menyatakan bahwa struktur kalimat pada umumnya meliputi kalimat sederhana, dan majemuk untuk mengungkapkan suatu gagasan dalam pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kalimat siswa yang terdiri dari kalimat sederhana dan majemuk tersebut dominan memiliki kesalahan dalam penggunaan tanda baca (koma), pola pemilihan kata, dan juga konjungsi yang digunakan dalam menggabungkan kalimat. Kata kunci: abstrak, struktur kalimat, Program Pendidikan Bahasa Inggris
Copyrights © 2015