Masih ada materi yang sulit dipahami oleh siswa salah satunya materi peluang. Berdasarkan hal ini, guru sebagai fasilitator dituntut untuk memilih cara belajar yang cocok untuk bisa memperbaiki nilai siswa. Cara belajar yang dapat diterapkan pada materi peluang yaitu Rotating Trio Exchange (RTE) yang merupakan strategi berkelompok tiga orang yang berputar sehingga memungkinkan siswa untuk mendiskusikan masalah-masalah di kelasnya dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan penelitian eskperimen dengan one-shot case study. Semua siswa kelas VIII SMPN 16 Banda Aceh adalah populasi dalam penelitian ini. Satu kelas, yaitu kelas VIII4, diambil sebagai sampel secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes hasil belajar. Uji-t digunakan sebagai pengolahan data dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, diperoleh thitung=3,07dan ttabel=1,71 maka thitung ttabel jadi tolak H0 dan terima H1 karena berada di daerah penolakan pada taraf nyata 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada materi peluang di kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh melebihi nilai KKM. Kata Kunci: materi peluang, Rotating Trio Exchange (RTE), hasil belajar.
Copyrights © 2018